LifestyleLainnya

Mampukah 5 Strategi Prabowo Gibran Berantas Kemiskinan di Indonesia?

5 Strategi Prabowo Gibran apakah akan mampu berantas kemiskinan di Indonesia?

Mampukah 5 strategi Prabowo Gibran berantas kemiskinan di Indonesia? Pikiran tersebut yang langsung muncul di benak saya saat membaca beberapa artikel yang berisi gagasan, usulan dan strategi yang akan dilakukan Paslon 2 yaitu Prabowo Gibran jika nanti terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Prabowo Gibran memiliki gagasan dan strategi yang akan dilakukan sebagai upaya berantas kemiskinan di Indonesia.

Saya sempat membaca beberapa artikel terkait pasangan calon 2, Prabowo  Gibran dan menurut beberapa artikel yang saya baca tersebut, Paslon 2 memiliki target ambisius berantas kemiskinan di Indonesia. Setidaknya ada 5 strategi yang akan dilakukan Prabowo Gibran jika nanti terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI. Berantas kemiskinan di Indonesia bukanlah hal yang sepele. Bahkan bisa dibilang ini adalah salah satu masalah tersulit yang terus menggulung negeri tercinta.

Upaya berantas kemiskinan di Indonesia sepertinya telah dilakukan oleh siapapun yang menjadi pemimpin negeri ini. Tapi bisa dilihat sendiri seperti apa hasilnya? Belum berhasil sepenuhnya tapi harus diakui dari masa ke masa kepemimpinan, terus ada peningkatan taraf kehidupan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi terus melaju.

Untuk menjawab pertanyaan mampukah 5 strategi Prabowo Gibran berantas kemiskinan di Indonesia, tidak bisa dijawab saat ini karena mereka berdua belum terpilih. Tapi ada baiknya juga kita mengetahui apa saja 5 strategi Prabowo Gibran berantas kemiskinan di Indonesia.

5 Strategi Prabowo Gibran dalam Upaya Berantas Kemiskinan di Indonesia Jika Nanti Terpilih

Setidaknya ada 5 strategi yang nantinya akan dilakukan Prabowo Gibran dalam berantas kemiskinan di Indonesia. 5 strategi tersebut, yaitu:

1. Mencapai swasembada pangan

Prabowo dan Gibran berkomitmen untuk mencapai swasembada pangan sebagai kunci dalam mengurangi angka kemiskinan. Mereka berfokus pada peningkatan sektor pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini;

2. Peningkatan kesejahteraan nelayan

Prabowo Gibran memiliki perhatian lebih pada kehidupan nelayan di Indonesia. Karena itu jika nanti terpilih,mereka juga akan berfokus pada peningkatan kesejahteraan nelayan dengan memberikan dukungan dan pembangunan infrastruktur yang memadai untuk sektor perikanan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan nelayan dan mengurangi angka kemiskinan di daerah pesisir;

3. Pengembangan sektor perdagangan, pariwisata, dan infrastruktur

Prabowo dan Gibran berencana untuk mengembangkan sektor perdagangan dan pariwisata sebagai sumber pendapatan baru dan menciptakan lapangan kerja baru. Mereka juga fokus pada peningkatan infrastruktur, termasuk perbaikan jalan dan sistem transportasi publik, untuk memudahkan distribusi barang dan jasa;

4. Dukungan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Prabowo Gibran akan memberikan dukungan kepada UMKM melalui berbagai inisiatif, seperti revitalisasi pasar tradisional dan pengembangan pusat industri kreatif. Tujuannya adalah dengan meningkatkan kualitas dan aksesibilitas UMKM, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi kemiskinan;

5. Kolaborasi dengan pemangku kepentingan 

Prabowo Gibran berkomitmen untuk bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk petani, nelayan, dan UMKM. Untuk berantas kemiskinan di Indonesia tidak bisa dilakukan secara sepihak tapi harus ada kolaborasi dan kemitraan. Kolaborasi dengan seluruh pihak yang terkait dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang terus melaju naik, penting untuk dilakukan.

Mampukah 5 Strategi Prabowo Gibran Berantas Kemiskinan di Indonesia? Ini Pendapat Saya

Bolehlah saya sedikit memberikan pendapat terkait 5 strategi yang akan dilakukan Prabowo Gibran dalam upaya berantas kemiskinan di Indonesia. Berpatokan pada 5 strategi yang diutarakan oleh pasangan Prabowo Gibran dalam upaya berantas kemiskinan di Indonesia, menurut saya, secara teoritis cukup tepat dilakukan dengan karakteristik pencaharian dan kondisi sosial ekonomi penduduk negeri ini. Secara teori ya.

Mari sedikit berandai-andai dengan menggunakan fakta yang ada. Jika paslon 2 ini terpilih, ada kemungkinan 5 strategi tersebut dilakukan secara tegas dan tepat. Mengingat kebijakan dan kedisiplinan yang ada pada diri Pak Prabowo dan pengalaman memimpin daerah yang dimiliki Gibran, besar kemungkinan mereka akan mampu menerapkan 5 strategi tersebut. Tapi akan kah mampu berantas kemiskinan di Indonesia? Bisa saja jika diterapkan seefektif dan seefisien mungkin, bukan hanya sekedar janji manis apalagi teori semata.

Menurut saya dengan modal pengalaman Gibran memimpin kota Surakarta/Solo selama beberapa tahun, bisa menjadi bekal dalam mengemban tugas sebagai wakil presiden RI. Yah meskipun baru sekitar 2-3 tahun tapi Gibran telah membuktikan cukup berhasil membangun kota Surakarta/Solo. Kepemimpinan Gibran di Solo membuktikan bahwa dia bisa kerja dengan berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan angka kemiskinan di kota Solo.

Gibran telah terbukti mampu memaksimalkan potensi yang ada di kota Solo untuk menumbuhkan perekonomian kota tersebut. Kreativitas Gibran berhasil meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Surakarta dan menjadikan kota Solo memiliki kehidupan yang lebih baik.

Mengacu pada statistik resmi BPS (Biro Pusat Statistik), ekonomi kota Surakarta mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun 2022. Terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,25% pada tahun 2022. Tercatat pula penurunan angka kemiskinan yang signifikan di kota Surakarta pada tahun 2022. Solo Technopark juga menjadi salah satu bukti kecerdasan Gibran dalam memaksimalkan potensi kreatif generasi muda di Surakarta.

Berbekal sepak terjang Prabowo Gibran, Saya harap jika nanti mereka terpilih, paslon 2 ini dapat mengimplementasikan strategi dan gagasan mereka dengan baik dan dapat bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mencapai target yang diinginkan. Bukan hanya sekedar janji manis belaka atau pepesan kosong yang hanya akan menambah kekecewaan dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemimpin bangsanya. Sebenarnya saya juga penasaran dengan hasil kerja duet “Gemoy” Prabowo Gibran ini dalam berantas kemiskinan di Indonesia.

    5 strategi Prabowo Gibran Berantas Kemiskinan di Indonesia5 strategi Prabowo Gibran berantas kemiskinan di Indonesia, mampukah? (Foto diambil dari Google)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button