KesehatanLifestyle

Hati- Hati sekarang Banyak Beredar Isi Galon mudah Dipalsukan !


Sudah lebih 6 bulan ini, setiap pagi saya punya kebiasaan baru. Kebiasaan nongkrong cantik bareng ibu-ibu tetangga sambil belanja sayur di tukang sayur langganan yang sudah 6 bulan lebih ini, menggelar dagangannya persis di depan pagar rumah saya. Pembahasan menarik selalu berganti setiap pagi. Meski terkadang cenderung ke arah curhat ya Bestie. Hampir semua topik yang sedang viral menjadi bahan perbincangan. Entah itu ekonomi, politik, perdagangan sampai kesehatan termasuk tentang isi galon mudah dipalsukan. Dibahas lengkap hahaha. 

Seperti pagi tadi, ramai membahas mengenai isi galon palsu. Saya sempat iseng bertanya tahu dari mana soal pembahasan tersebut? Mereka kompak menjawab dari media sosial dan berita di televisi. Semakin terbukti up to date para ibu tetangga saya ini xixixi. Pantas saja bahan obrolan setiap pagi tidak ada habisnya. Bukan cuma berisi keluhan atas naiknya harga bahan pokok, cabai, bawang, ayam, telur saja tapi beragam bahasannya. 

Saya sendiri sebenarnya sudah mengetahui tentang galon palsu sejak beberapa waktu lalu. Sempat ramai di twitter. Bahkan saya sempat melihat tayangan seorang oknum sedang memperagakan cara memalsukan isi galon. Dari tayangan tersebut saya juga jadi tahu bahwa isi galon mudah dipalsukan. Jujur saja setelah menonton tayangan tersebut, saya langsung wanti-wanti pada orang rumah agar membeli galon air minum di minimarket dekat rumah saja untuk menghindari pemalsuan apalagi galon yang digunakan adalah galon merek terkenal yang sudah lama ada di Indonesia. Jadi harus sangat berhati-hati saat membeli air galon. Saya beritahukan pada mereka bahwa isi galon mudah dipalsukan, teliti sebelum membeli. Tidak bisa main-main soalnya jika menyangkut kualitas air minum karena berkaitan langsung dengan kesehatan tubuh.

Kembali lagi pada obrolan ibu-ibu yang terjadi pagi tadi sembari memilih sayur mayur, hampir semua merasa khawatir dengan adanya isi galon mudah dipalsukan. Mereka cemas dengan bahayanya. Bahaya mengkonsumsi air dari galon palsu. Takut terpapar berbagai penyakit apalagi untuk keperluan air minum dan memasak sehari-hari, menggunakan air galon. 

Jadi sangat wajar jika mereka menjadi cemas karena setiap hari hampir sebagian besar warga yang tinggal di perumahan saya rutin mengkonsumsi air galon. Hal ini disebabkan air tanah di daerah saya tinggal tergolong tidak layak minum karena tidak jauh dari pemukiman kami terdapat TPS (Tempat Pembuangan Sampah) dan dulunya daerah yang kami tempati adalah rawa sehingga air tanah sudah terkontaminasi.

Mereka khawatir dengan kesehatan anggota keluarganya terutama anak-anak dan para lansia jika mengkonsumsi air minum dari galon palsu. Seorang ibu sempat berujar, “Kapan yah di Indonesia ini bisa aman dan bebas konsumsi ini itu tanpa takut dipalsukan? Apa-apa gampang banget dipalsukannya”. Dalam hati saya menjawab, “Ah elah Ibu, jangankan isi galon palsu, cinta dan harapan aja bisa palsu”, wakakak.

Sebagai ibu dari seorang anak yang rentan sakit karena memiliki alergi parah, saya cukup paham dengan kekhawatiran yang dirasakan para ibu. Saya juga sangat khawatir dengan maraknya pemalsuan tersebut. Terutama tentang adanya kenyataan bahwa isi galon mudah dipalsukan. Bagaimana saya tidak makin khawatir, isi galon mudah dipalsukan, bagaimana dengan bagian galon yang lainnya?!

Saat ini salah satu langkah yang bisa saya lakukan agar terhindar dari pemalsuan tersebut adalah dengan teliti pada saat membeli. Saya memilih membeli air galon hanya di minimarket terdekat. Hal ini untuk meminimalisir pemalsuan yang mungkin terjadi. Dan ternyata bukan saya saja yang berpikir seperti itu. Beberapa ibu tetangga yang terlibat dalam perbincangan tadi pagi pun melakukan hal yang sama.

Bahayanya Konsumsi Air Minum Isi Galon Palsu

Air merupakan salah satu hal penting dan krusial dalam kehidupan ini. Dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika manusia sulit memperoleh air bersih berkualitas. Kualitas hidupnya pasti ikut terganggu. Seperti kekhawatiran yang dirasakan oleh para ibu tetangga dan saya sendiri. Khawatir apakah air galon yang dikonsumsi sehari-hari terjamin kualitasnya dan tidak dipalsukan. Konsumsi air minum yang tidak terjamin kualitasnya dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit kulit, tifus, kolera, diare dan disentri.

Jika galonnya palsu tidak menutup kemungkinan jika galon tersebut tidak terjamin kualitasnya. Belum tentu air tersebut bebas bakteri atau zat berbahaya lainnya. Inilah yang menjadi kekhawatiran para ibu. Terlebih lagi adanya keyakinan bahwa kualitas air minum sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup di masa depan. Kebiasaan konsumsi air minum dengan kualitas buruk akan mempengaruhi kualitas kesehatan di masa yang akan datang.

Seperti yang dilansir dari KETIKUNPAD, salah satu jurnal yang dikeluarkan oleh Universitas Padjajaran Bandung, menjelaskan bahwa mengkonsumsi air minum yang berkualitas dan bebas dari bakteri serta zat berbahaya untuk tubuh akan membantu mengeluarkan racun-racun yang bersembunyi dalam tubuh. Air bersih yang berkualitas sangat dibutuhkan dan penting untuk tubuh. Oleh sebab itu harus dipastikan bahwa air minum yang dikonsumsi sehari-hari haruslah air layak minum yang berkualitas. 

Air minum yang tidak terjamin kualitasnya bisa saja terpapar bakteri dan zat berbahaya lainnya. Kondisi ini bisa saja terjadi jika air galon yang dikonsumsi sehari-hari ternyata palsu. Air minum yang tidak terjamin kualitasnya dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Bisa berupa gatal-gatal dan keracunan yang dikarenakan adanya bakteri, logam berat atau bahan pencemar lainnya yang terkandung dalam air minum tersebut.

Untuk menjamin air minum yang dikonsumsi sehari-hari adalah air bersih yang berkualitas, sebagai konsumen air galon isi ulang, kita harus cerdas dan teliti Bestie. Air minum yang bersih dan berkualitas memiliki ciri-ciri, yaitu tidak berbau, tidak berwarna dan tidak ada rasanya. Air terlihat bening dan segar. Sebaiknya air tetap direbus hingga mendidih lebih dulu sebelum diminum meski air berasal dari air galon isi ulang. Hal ini untuk menjamin air minum yang dikonsumsi adalah air matang.

Galon Asli, Tutup Asli Tapi Kok Bisa Dibuka?

Pada kenyataannya, yang dimaksud galon palsu itu adalah tutup galon dan galonnya asli tapi isinya entahlah (bisa jadi asli bisa jadi tidak). Lah kok bisa? Karena kemarin aku ngeliat di berita ada oknum/distributor nakal yang bisa membuka dan menutup galon tanpa cacat. Ketika galon dan tutupnya bisa dibuka tutup tanpa cacat dengan sebuah alat, jadi semakin bingung kan ini isinya gimana? apakah masih asli? atau sudah tercemar? apa jangan-jangan airnya dioplos? waduh semakin bingung dan mengerikan donk. Apalagi buat orang awam seperti saya ini tentu saja makin sulit untuk membedakan mana yang asli dan yang palsu secara “kasat mata”. Semua tampak “terlihat asli” dan tidak ada yang rusak sama sekali.

Infonya sih ada produsen yang menyarankan konsumen atau pelanggan untuk melihat kode galon di situs resmi, menyamakan kode di tutup galon dan di galon. Tapi biasanya kode tersebut kecil, samar dan susah terbaca sehingga saran tersebut sulit untuk dilakukan konsumen. Agak ribet gitu loh! Selain itu, solusi yang diberikan tersebut dirasa kurang efektif dan tepat karena dengan adanya alat yang memungkinkan untuk membuka dan menutup galon tanpa merusak, kode sama pun tidak menjadi jaminan isinya tidak oplosan.

Pada akhirnya, Saya pribadi memilih hanya membeli galon di toko atau minimarket terpercaya. Dan berdasarkan pengalaman saya dan berkaca pada pengalaman orang-orang sekitar, solusi terbaik untuk saat ini adalah teliti terlebih dulu sebelum membeli galon air minum. Saya sendiri memilih produk galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan benar. Usahakan cari kemasan yang terlihat isinya secara jelas dan gamblang supaya yakin bahwa galon asli, tutup asli dan isinya juga asli. 

Akhir kata

Masalah kualitas air minum memang tidak bisa dianggap enteng. Dampaknya bagi tubuh tidak langsung terlihat tapi berpengaruh terhadap kualitas hidup di masa depan. Terutama bagi generasi penerus bangsa. 

Yang wajib kita ingat bersama adalah: ini bukan tentang tutup galon palsu tetapi isinya yang mungkin oplosan/palsu. Kok bisa? bisa saja karena galon dan tutup asli itu ternyata mudah sekali dibuka dan ditutup kembali dengan sempurna menggunakan alat oleh oknum tertentu. Kalau tutupnya mudah dibuka dan ditutup seperti itu yah sudah tentu isinya jadi dipertanyakan: apakah masih asli atau bisa jadi sudah dioplos.

Dan sebagai seorang ibu yang bertanggung jawab terhadap apa yang dikonsumsi keluarga, saya merasa harus lebih peduli lagi ketika membeli produk galon air minum supaya terhindar dari pemalsuan. Jangan mudah tergoda dengan harga yang lebih murah dan harus tetap mengutamakan kualitas air minum. Untuk konsumsi keluarga tercinta, tidak boleh coba-coba. Semangat sehat keluarga Indonesia.

28 Comments

  1. Duh ngeri banget mak karena aku salah satu yg mengkonsumsi air galon (air tanah di tempatku ga layak utk di konsumsi), musti bener2 teliti nih sebelum membeli.

  2. Ya Allah ngeri bangettt, jadi inget dulu pernah tahu temen beli air galon isi ulang tuh cuma 3rb gitu lhoo, kayak ga yakin itu air udah difiltrasi dan seterusnya yg katanya prosesnya butuh banyak tahapann (Jihan)

  3. ngerti bangeet kapan hari juga baca beritanya. kalo kayak gini mah mesti kudu beli di tempat yang terpercaya aja.. sebetulnya ya ga pernah pakai isi ulang tapi jadi parno juga

  4. pemalsuan memang sudah merambah ke berbagai produk termasuk isi galon. ngeri juga ya karena efek buruknya bagi kesehatan. btw saya salfok sama tulisan bahkan di jaman sekarang cinta dan harapun palsu wkwkwk

  5. Serem banget Ya Allah.. orang jahat banget.. bahkan air mineral pun dijadikan sasaran, padahal itu konsumsi sehari-hari lho.. kalau tanpa sadar minum air mineral palsu terus-menerus efeknya pasti bakal cepat terlihat..

  6. Ya ampunn ngeri banget sih mak, untung cintaku padamu nggak seperti air galon mak šŸ˜€ Aku pun masih setia dengan toko langganan yang air galonnya di drop langsung menggunakan kendaraan dengan brand air galon tsb mak… mudah-mudahan sih gak palsu yess….

  7. Air galon pun dipalsukan! Duh, ya ampun. Telur ayam kampung dipalsukan, tempe dari kedelai dioplos kertas, beras pakai pemutih, sekarang air galon pula dipalsukan. Jahat banget orang-orang yang seperti itu.

  8. Ngeri ya mbak, air minum galon padahal kebutuhan sehari-hari yang vital. Kok ada yang tega membahayakan orang lain dengan memalsukannya. Memang sbg konsumen kita harus hati-hati. Salah satunya dengan membeli di agen resmi.

  9. Bahaya bgt yaa kalau sampai2 mengonsumsi isi galon yg dipalsukan, pdhl digunakan sehari2 pula utk minum atau memasak. Kalau kayagini lgsg ke agen resminya aja atau minimarket sekalian mah yak

  10. Sekarang apapun orang lakukan ya mbak buat mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya. Termasuk memalsukan air minum yang jadi hajat hidup orang banyak. Kita memang sbgi consumen harus jeli dan hati hati sekarang

  11. Waduh, kok ada-ada ya, sampai isi galon pun dipalsukan. Kita sebagai konsumen musti hati-hati dan cerdas pilih-pilih neh, jangan sampai ketipu!

  12. Iya, kita harus hati-hati ya
    Sekarang banyak isi galon palsu
    Kita harus jeli biar tidak salah membeli
    Karena isi galon palsu sangat berbahaya bagi kesehatan

  13. Kemarin beredar lagi isu mengenai air tercemar di Jakarta.
    Memang kalau melihat kota-kota besar dengan sumber polusi di sekitarnya, sudah selayaknya kita sebagai Ibu menjadi garda terdepan memilihkan dan memberikan yang terbaik untuk keluarga ya..

  14. Nah ini penting sih cekiĀ² lebih lanjut dulu sebelum beli. Biarin deh dibilang lama pas cekiĀ² airnya misalnya, karena kan buat mengantisipasi demi kesehatan diri dan keluarga juga saat mengonsumsi airnya

  15. iya nih mba, aku juga tipikal yang sensitif banget soal air. kalo air minum kualitasnya buruk, bisa2 tenggorokanku sakit.. sekarang juga selektif banget pilih tempat beli dan brandnya

  16. Sebaiknya memang pilih membeli air mineral galon di penjual yang sudah kita percaya. Godaan harga lebih murah nih malah kadang menjerumuskan yaaa.. Murah tapi kalau airnya ada partikel berbahaya kan malah repot.

  17. Ngerinya lagi kalo bukan cuma galon aja yang dipalsukan eh sampe ke airnya juga dduuh yang kayak gini nih kita harus aware dan tau perbedaannya.

  18. Waduh beneran tuh hosip para ibu. Kapan kita bebas dari segala pemalsuan? Hukum mungkin harus lebih serius dan tegas ya. Perlindungan konsumen wajib diutamakan

  19. Alergi itu gak enak,
    Makanya sebisa mungkin cerdas cek lebih dulu air isi galonnya itu berkualitas atau nggak nya sebelum memutuskan buat membelinya

  20. Sebagai konsumen cerdas, kita kudu bener jadi pembeli super teliti dan memastikan galon yang kita beli produk asli. kuudu cek dan ricek keasliannya sebelum memutuskan beli

  21. Saya salahs atu pengguna setia galon kalau di rumah, suka khawatir karena banyak yang dipalsukan isinya jadi wajib banget mencari angen atau tempat penjualan yang aman dan terpercaya dan pastinya wajib tahu mana yang asl dan palsu

  22. pernah baca di twitter mengenai air galon palsu. ngeri banget deh. selain menyamakan no register galon, membeli di tempat-tempat yang terpercaya adalah kunci.

  23. Ngeri banget ya. Dulu sebelum pandemi waktu merantau, Saya dan suami seringnya minum air galon, tapi setelah pindah Bengkulu karena ada air sumur akhirnya masak air buat minum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button