Lifestyle

Jakhumfest 2023 Pelopor Festival Kemanusiaan Ramah Difabel

Jakhumfest 2023 pelopor festival kemanusiaan ramah difabel

Jakhumfest 2023 baru saja dihelat pada tanggal 28-29 Januari 2023. Jakhumfest, apakah itu? Jakhumfest atau Jakarta Humanity Festival adalah festival kemanusiaan yang digelar oleh Dompet Dhuafa. Masih inget kan kalau pada akhir tahun 2022 lalu saya pernah membahas mengenai program Humanesia Ini Tentang Kita Dompet Dhuafa? Nah masih terkait juga dengan program Humanesia, Dompet Dhuafa juga mengadakan Jakhumfest 2023. Dan Jakhumfest tahun ini sungguh membuat hati ini terenyuh. Bisa dibilang Jakhumfest 2023 pelopor festival kemanusiaan ramah difabel.

Yups ada yang berbeda namun sangat berkesan pada Jakhumfest tahun ini. Tahun ini, venue atau tempat acara Jakhumfest dibuat dan didesain ramah difabel terutama bagi disabilitas tuli. Bisa dibilang Jakhumfest 2023 pelopor festival kemanusiaan ramah difabel. Jakhumfest Dompet Dhuafa 2023 diselenggarakan di Pos Bloc Filateli, Jakarta. Tempat acara yang lapang didesain sedemikian apik dilengkapi dengan juru bahasa isyarat (penerjemah bahasa isyarat) disetiap rangkaian acara Jakhumfest 2023. Saya terkesima karena baru kali ini saya hadir dalam festival kemanusiaan yang menghadirkan inklusivitas diantara teman difabel khususnya disabilitas tuli dengan orang lain yang non difabel.

Silang id hadir memberikan akses pada ekosistem inklusif antara teman tuli dan teman dengar pada Jakhumfest 2023

Keseruan Jakhumfest 2023, Festival Kemanusiaan Ramah Difabel

Jakhumfest 2023 #IniTentangKita

Tahun ini, Jakhumfest mengangkat dua tema sekaligus sebagai program utama. Kedua tema tersebut adalah program Indonesia Mendengar dan program pemulihan Cianjur setelah dilanda gempa beberapa waktu lalu. Kali ini, Jakhumfest mengusung tagline #IniTentangKita. Tagline yang sama dengan program Humanesia. Jakhumfest mengajak milenial berdonasi dengan cara menyenangkan. Pada Jakhumfest 2023 ini, Dompet Dhuafa memperkenalkan Mobile Podcast yang merupakan program komunikasi terbarunya.

Mobile Podcast, “Bertamasya : Bercerita Program Pemberdayaan Masyarakat. Mobile Podcast dikemas dalam bentuk mobil yang menyerupai studio podcast. Mobile Podcast akan menghadirkan obrolan-obrolan menarik yang menyiarkan kebaikan. Tentu saja dibuat semenarik mungkin hingga dapat memikat hati para milenial dan Gen Z agar ikut terus berpartisipasi aktif menyebarkan manfaat dan kebaikan. Selain memperkenalkan Mobile Podcast, Jakhumfest 2023 juga menampilkan foto-foto kemanusiaan jepretan fotografer Dompet Dhuafa. Oh ya disetiap venue atau booth didesain ramah difabel sehingga teman tuli dapat larut dalam kemeriahan Jakhumfest 2023.

Tidak berlebihan jika saya berpendapat bahwa Jakhumfest 2023 pelopor festival kemanusiaan ramah difabel. Sejujurnya saya belum menemukan acara sejenis yang dilengkapi juru bahasa isyarat dan ramah difabel. Jakhumfest 2023 semakin memperlihatkan kepedulian dan ramah difabel dengan digelarnya lokakarya atau latihan bahasa isyarat bagi pengunjung yang datang. Acara ini digagas Dompet Dhuafa sebagai penyelenggara Jakhumfest 2023 dan Silang id. Silang id adalah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang inovasi digital untuk membangun ekosistem inklusif bagi teman tuli dan dengar (sapaan bagi yang mendengar).

Workshop Silang id yang mendapat antusias tinggi dari pengunjung Jakhumfest 2023

Silang id menggelar workshop bahasa isyarat pada Jakhumfest 2023. Pengunjung yang datang bisa memgikuti aktivitas tersebut. Diharapkan dengan adanya workshop seputar bahasa isyarat dapat menghadirkan akses pada ekosistem inklusif antara teman tuli dan dengar. Saat ini, harus diakui masih terjadi kendala komunikasi antara disabilitas tuli dan teman dengar. Saya merasakan sendiri kendala tersebut. Pada Jakhumfest 2023 ini, hadir beberapa teman disabilitas tuli, saya ingin sekali berkomunikasi dengan mereka tapi apa daya, saya tidak bisa bahasa isyarat. Disinilah kehadiran Silang id dirasakan cukup membantu.

Silang id membantu terjalinnya komunikasi antara teman tuli dan teman dengar melalui aplikasi. Aplikasi ini juga mengajarkan mengenai bahasa isyarat. Kehadiran Silang id pada Jakhumfest 2023 membuat semakin terasa sentuhan humanity dalam penyelenggaraan festival kemanusiaan Dompet Dhuafa tahun ini. Pas juga dengan program Humanesia Ini Tentang Kita yang sedang diadakan Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa berusaha menghadirkan tempat agar tercipta masyarakat Indonesia inklusif yaitu adanya kesetaraan aksesibilitas, kolaborasi antara teman tuli dan teman dengar serta membangun isu tuli sebagai pengembangan ilmu pengetahuan.

Pengunjung Jakhumfest 2023 ramai memenuhi booth Silang id

Kolaborasi antara Dompet Dhuafa dan Silang id pada Jamhumfest 2023 ini menunjukkan festival kemanusiaan yang diadakan memiliki konsep yang inklusif. Festival kemanusiaan ini melibatkan teman tuli dan mereka dapat ikut menikmati semua acara yang dihadirkan dalam Jakhumfest 2023 karena dirancang ramah disabilitas tuli dengan menghadirkan juru bahasa isyarat. Semua acara yang dihelat pada Jakhumfest 2023 ada akses juru bahasa isyarat. Teman tuli dapat ikut merasakan kemeriahan Jakhumfest 2023 tanpa adanya kekhawatiran kendala bahasa atau komunikasi.

Seperti gelaran Jakhumfest Dompet Dhuafa sebelumnya yaitu di tahun 2019 (sebelum pandemi), Jakhumfest tahun ini juga dimeriahkan sound of humanity yang menghadirkan musisi ataupun grup band ternama. Tahun ini yang tampil menghibur pengunjung yang datang sekaligus menyuarakan kemanusiaan adalah Mocca, The Rain, Chiki Fawzi dan Marjinal. Selain sound of humanity, Jakhumfest 2023 diramaikan pula oleh serangkaian acara mulai talkshow, workshop, mental health hingga sharing mengenai kerelawanan. Terdapat beberapa venue diantaranya Seratan Studio, Silang id, Ngakarya, VR Kebencanaan, Ruang Hening, Pojok Kenangan, dan Pojok cerita.

Booth VR Disaster DMC Dompet Dhuafa

Pengunjung yang datang meramaikan Jakhumfest 2023 dapat mengikuti workshop menyulam dan melukis di atas kain di booth Seratan. Hasil workshop tersebut dapat dibawa pulang loh. Ada pula talkshow menarik sekaligus bermanfaat seperti bahasan tentang finansial planning dan kesehatan mental anak jaman now yang terkesan rapuh dan rentan. Lagi-lagi saya dibuat terkesima oleh salah satu venue/booth yang ada di Jakhumfest 2023 yaitu Ruang Hening. Awalnya bingung saat melihat layar di booth Ruang Hening lalu coba menjajalnya. Ternyata diajak ikut merasakan “dunia keheningan” teman tuli. Oh ternyata seperti ini rasanya, hati pun bergetar dan merasa bersyukur atas semua karunia-NYA.

Jakhumfest 2023 bukan hanya seru tapi bikin haru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button