Kuliner

Bukan Mie Ayam Biasa, Kalian Wajib Coba!

Mie ayam kuliner populer di Indonesia

Setiap kali mendengar kata mie ayam, naluri lapar saya bergelora hahaha. Saya masih ingat betul, kapan pertamakalinya saya jatuh cinta lalu cinta mati sama kuliner satu ini. Pertamakali makan mie ayam, saat kelas 6 SD, sekitar tahun 1992. Persis di samping pagar sekolah saya, berjualan seorang abang gerobakan. Awalnya gerobak tersebut bertuliskan “Bakso Solo”, beberapa waktu kemudian ada tulisan tambahan di bagian depan gerobak, “Mie Ayam Wonogiri”. 

Saya yang pada dasarnya memang penggemar berat mie atau bakmie, langsung tergoda untuk mencicipinya. Persis yang terjadi belum lama ini. Saya menemukan warung mie ayam yang ternyata bukan mie ayam biasa, kalian wajib coba! Mie ayam dengan kekuatan acar cabe rawitnya yang unik.

Begitu mencicipinya, saya langsung tidak bisa berpaling. Begitu pula ketika pertamakali mencicipi mie ayam untuk pertamakalinya, saya langsung ketagihan. Saya pun semakin rajin mendatangi gerobak bertuliskan Mie Ayam Wonogiri tersebut wkwkwk. Tahun 1992, bekal jalan anak SD tahun itu, paling besar 100 rupiah (100 perak) sedangkan mie ayam harganya 150 rupiah. Alhasil, saya harus mengatur jajan saya agar bisa membeli mie ayam sesering mungkin. Yups sampai sekarang mie ayam menjadi “bagian dari hidup” saya wkwkwk.

Bisa dibilang kecintaan saya terhadap mie ayam terlalu mendalam, enggak pernah bisa move on. Kalau kata anak sekarang sih “bucin” parah hahaha. Segala jenis mie ayam di Indonesia, saya suka dan lahap semuanya. Menurut saya sebagai penggemar berat mie ayam, varian mie ayam di Indonesia ini beraneka ragam. Banyak modifikasinya tapi yang paling sering dijumpai adalah mie ayam Jawa atau Wonogiri, mie ayam Bangka dan mie ayam kota dengan tampilan mie-nya yang tanpa kecap manis. 

Mie ayam merupakan salah satu kuliner yang sangat populer di Indonesia. Mudah sekali menemukan penjual mie ayam. Entah itu yang berjualan di warung sederhana, gerobak maupun restoran besar dan terkenal. Melansir dari buku Etnografi Kuliner: Makanan dan Identitas Nasional karya Adzkiyak, mie ayam adalah masakan tradisional Indonesia yang tercipta karena adanya modifikasi dari bakmie yang berasal dari Tiongkok. Bakmie yang dibawa masuk ke Indonesia oleh pedagang Tiongkok menggunakan daging babi. Selanjutnya karena masyarakat Indonesia banyak yang beragama Islam, digantilah dengan menggunakan ayam. Namun cita rasa mie ayam ini berbeda dengan bakmie yang dibawa pedagang Tiongkok.

Mie ayam ada berbagai variasi

Mie ayam yang ada di Indonesia ini terdiri dari mie yang kenyal dan lembut, daging ayam yang dibumbui, minyak ayam, dan dilengkapi dengan sawi hijau yang direbus. FYI, di Tiongkok atau Cina tidak akan ditemui mie ayam seperti yang ada di Indonesia meskipun bakmie berasal dari Tiongkok atau Cina. Mie ayam Indonesia memiliki cita rasa dan aroma yang khas terutama mie ayam Wonogiri yang bercita rasa manis dan dilengkapi kuah dalam satu mangkok. Berbeda dengan mie ayam Bangka dan mie ayam dengan gaya Chinesse. 

Saya sendiri lebih suka dengan jenis mie ayam Bangka. Mie ayam Bangka memiliki mie yang kenyal, sedikit manis, toping ayam relatif berwarna cerah. Berbeda dengan mie ayam Wonogiri yang memiliki toping ayam dengan warna pekat akibat menggunakan kecap manis dengan kuah kaldu yang dicampur dalam satu mangkok. Mie ayam Bangka, kuah kaldu disajikan dalam mangkok terpisah. Sayuran yang digunakan pun berbeda. Mie ayam Bangka dilengkapi dengan sawi hijau dan tauge sedangkan mie ayam Wonogiri atau Jawa dilengkapi dengan sawi hijau saja. Selain itu mie ayam Bangka dilengkapi dengan acar cabai rawit dengan rasa yang unik.

Bukan Mie Ayam Biasa, Kalian Wajib Coba Mie Ayam Raja!

Bukan mie ayam biasa, kalian wajib coba mie ayam Raja

Beberapa bulan lalu, seorang teman memanas-manasi saya untuk mencicipi mie ayam yang menurut dia memiliki perpaduan rasa unik yang enak. Saking enaknya sampai bikin ketagihan dan bikin kangen. Miriplah dengan gebetan hahaha. Sebagai penggemar berat mie ayam, bukan hal yang mudah menemukan mie ayam dengan rasa dan harga yang pas semuanya. Banyak yang menjual mie ayam tapi susah menemukan yang paket lengkap : enak, murah dan banyak. Mie ayam yang direkomendasikan oleh teman ini, beneran bukan mie ayam biasa, kalian wajib coba. Mie ayam Raja namanya.

Warung mie ayam Raja tidaklah besar. Hanya ruko biasa, warung kecil nan sederhana. Tapi menyajikan mie ayam yang tidak biasa. Mie ayam Raja merupakan perpaduan mie ayam Jawa, Bangka dan ada sentuhan Chinessenya juga. Mienya berwarna coklat dengan toping ayam berwarna senada dengan mie (khas mie ayam Wonogiri/Jawa), dilengkapi dengan sayuran berupa tauge dan sawi hijau (ciri khas Mie ayam Bangka) dan disajikan dengan kuah kaldu ayam bening berisi bakso dan pangsit rebus  (sentuhan Chinesse) dengan wadah terpisah dari mie, sayuran dan toping ayam.

Mie ayam Raja polos tanpa bakso dan pangsit rebus

Kekuatan mie ayam Raja berada pada padanan rasa mie kenyal bercitarasa manis gurih bertemu dengan acar cabai rawit dengan rasa unik, wiih menghadirkan sensasi kelezatan di mulut yang sulit dilukiskan dengan kata-kata. Enak poll! Kelezatan ini belum begitu terasa saat menyuap bagian mie ayamnya saja. Namun begitu menambahkan acar cabai rawit, beuuuh kelezatan yang paripurna langsung tercipta. Saya sampai request nambah acar cabai rawitnya. Entahlah bagaimana membuatnya sampai bisa seenak itu rasa acar cabainya. Kawin banget dengan rasa mie ayamnya. Juara!

Satu porsi mie ayam Raja memiliki ukuran yang cukup mengenyangkan. Toping ayamnya pun enggak pelit. Nah ini yang paling penting, harganya sangat terjangkau. Untuk semangkok mie ayam Raja komplit (dilengkapi dengan pangsit rebus dan bakso) hanya 18 ribu rupiah saja. Jika tidak ada tambahan bakso dan pangsit rebus, hanya 13 ribu rupiah saja seporsinya. Murah kan?! Mie ayam Raja bisa juga dipesan melalui Gofood atau bisa langsung datang ke Ruko Gerai Rum (Depan TK Khalifah) Jln. Gas Alam Raya Komplek Koperasi 2 Cimanggis, Depok. Jam operasional warung mie ayam Raja dari jam 09.00 sampai 20.00 WIB. Oh ya hampir lupa, setiap hari Jumat, mie ayam Raja tutup. Catat nomor whatsapp mie ayam Raja ya Bestie : 081281165709. Seriusan, buruan deh cobain mie ayam Raja. Enggak bakalan menyesal deh!

Warung mie ayam Raja

7 Comments

  1. mie ayam beneran comfort food banget sih ya, cocok dimakan dalam keadaan dan suasana apapun apalagi kalau konsistensi mie dan ayamnya pas banget! Jadi penasaran pengen cobain dong ya

  2. Akuu, mie ayam lovers juga. Dibanding bakso, aku prefer makan mie ayam. Tapi aku cuma doyan mie ayam kering, yang kuahnya terpisah. Mie ayam Raja look so delicious banget sihh Mak, pas kayanya sama seleraku. Semoga ada kesempatan ke Depok, mau aku carii

  3. Waaah, di Cimanggis ya. Kalo pas ke rumah kakakku di sana, mesti diagendakan mampir nih. Aku penggemar mi. Kalau boleh sih makan mi aja tiap hari 😀

  4. Di Depok ya, oke noted dulu.
    Daku juga suka sama mie ayam, apapun variannya sih. Mau yang Mie Bangka maupun yang Wonogiri, yang penting mah ada depan mata terhidang di meja terus ada yang bayarin, hehehe

  5. Ya ampun aq juga suka mi ayam. Tapi favorit yg mi nya kecil2 ramping. Kalau mi ayam bangka juga pernah coba karena ibuku dari Bangka. Agak berbeda ya dengan mi Bangka yg pake kuah ikan. Mi ayam Raja kukira dimana ternyata di kotaku, Depik

  6. Pake acar cabai rawit, unik banget ya, pantes ya mie ayam ini rasa bintang lima tapi harga kaki lima, kalo lagi jalan ke depok harus mampir cobain mie ayam Raja

  7. Sebagai pecinta kuliner wajib coba banget nih mie ayam, secara aku suka banget namanya unik yah raja semoga beneran nantinya kayak raja disukai banyak masyarakat jabodetabek ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published.