KesehatanKulinerLifestyle

Cerita Keseruan Tim Rebahan Ikut Siliwangi Sehat

Tim rebahan ikut Siliwangi Sehat? Yakin, bisa? Yoi, bisa dong. Mewakili tim rebahan, pada Minggu 14 Juli 2024, saya ikut jalan sehat (fun walk), salah satu acara dalam serangkaian kegiatan Siliwangi Sehat yang digagas oleh Siliwangi Bolu Kukus berkolaborasi dengan SAKAR, Sahabat Kang Rizal. Siliwangi Sehat merupakan salah satu agenda yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor ke-542.

Siliwangi Sehat

Siliwangi Sehat memiliki rangkaian acara yaitu jalan sehat (fun walk), fun bike, senam sehat, bazaar produk kreatif UMKM, donor darah dan cek kesehatan, pagelaran singkat budaya seni tari jaipong dan seni angklung, promo menarik pembelian produk bolu kukus Siliwangi selama acara dan door prize.

Perhelatan yang dilaksanakan di Alun Alun kota Bogor ini, sejalan dengan falsafah Bolu Kukus Siliwangi yaitu Silih Asah Asih Asuh dengan fokus empat bidang kegiatan : kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kebudayaan. Siliwangi Sehat sukses mengajak masyarakat untuk ikut menyebarkan kebiasaan hidup sehat. Hal ini bisa dilihat dari anemo masyarakat yang tinggi. Per-Kamis tanggal 11 Juli 2024, tiket yang disediakan panitia penyelenggara Siliwangi Sehat habis terjual alias sold out.

Panitia menyediakan 3000 tiket dan habis terjual H-3. Saya sendiri beruntung sudah berhasil mengamankan tiket sebelum H-3. Sebagai tim rebahan, saya tergerak ikut meramaikan Siliwangi Sehat karena merasa tertantang untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat. Kalau cuma ikut jalan sehat, tim rebahan juga bisa dong xixixi.

Siliwangi Sehat memiliki tujuan, diantaranya:

1. Menanamkan pentingnya kesehatan;

2. Menanamkan pentingnya bersilahturahmi;

3. Pentingnya mendukung UMKM;

4. Turut melestarikan budaya nusantara.

Siliwangi Sehat mendapat respon sangat baik dari masyarakat karena tiket dijual dengan harga bersahabat, 40000 rupiah sudah mendapatkan 1 kupon yang bisa ditukarkan dengan 1 buah bolu kukus Siliwangi mini dan sebagai kupon door prize, peserta juga mendapatkan kaos reglan. Pantas saja kalau masyarakat menanyakan apakah ada tiket tambahan saat tiket dinyatakan sudah habis terjual pada H-3.

Cerita Seru Tim Rebahan Ikut Meramaikan Siliwangi Sehat

Minggu pagi, sekitar jam 06.00 WIB saya sudah sampai di Balai Kota Bogor tempat start fun bike dan fun walk Siliwangi Sehat. Acara fun walk dan fun bike dimulai pukul 06.30 WIB. Sampai hari H, saya hanya tau rute fun bike dan fun walk dari Balai Kota dan berakhir di Alun-alun Bogor. Saya pikir, “ah dekat itu sih. Mosok segitu saja nggak bisa”.

Ternyata oh ternyata, rute yang dipilihkan oleh panitia Siliwangi Sehat untuk peserta jalan sehat dan fun bike adalah start dari Balai Kota Bogor lalu mengelilingi Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor lalu melewati Balai Kota Bogor lagi dan menuju Alun Alun Bogor. Astaga jauh juga ternyata, Bestie. Menyerah? Oh tentu tidak. Meski tertatih-tatih tapi saya bisa menyelesaikan jalan sehat dengan baik. Yah walaupun sempat duduk sebentar untuk minum hahahaha. Harap maklum ya Bestie, namanya juga tim rebahan, biasanya rebahan eh ini ikut jalan sehat.

Peserta jalan sehat dan fun bike Siliwangi Sehat bervariasi umurnya. Orang tua sampai bayi yang digendong oleh ayah atau ibunya pun ada. Alhamdulillah cuaca cukup mendukung, cerah sejuk, menambah semangat untuk menyelesaikan finish jalan sehat. Apalagi ditambah dengan pemandangan kota Bogor di pagi hari, membuat jalan sehat dan fun bike semakin asik dan seru. Sempat juga terpikir untuk melambaikan bendera putih saat berada di depan tugu Kujang kota Bogor, ya ampun saya sudah ngos-ngosan karena agak berundak posisi jalannya, untungnya tekad dalam hati cukup kuat, “harus bisa sampai finish”.

Saya pun menyeret kembali langkah kaki, pelan-pelan saja, nggak apa-apa asal sampai finish wkwkwk. Setelah menempuh rute jalan sehat selama lebih dari satu jam, sampai juga saya di tempat finish, Alun Alun Bogor. Yeay bisa kan tim rebahan ikutan fun walk Siliwangi Sehat. Bangga loh saya dengan diri sendiri hahaha.

Sesampainya di garis finish, saya langsung menghampiri panitia Siliwangi Sehat yang sudah menanti di meja penukaran kupon. Saya tukar kupon dengan sebuah bolu mini Siliwangi Bolu Kukus dan memasukkan kupon undian ke kotak undian door prize. Berharap nomor kupon saya bakal keluar menjadi salah satu pemenang door prize.

Peserta lain pun sudah memenuhi depan panggung Siliwangi Sehat di Alun Alun Bogor. Senam sehat sudah dimulai, ada juga yang memeriksakan kesehatannya di tenda pemeriksaan kesehatan. Dan tidak sedikit pula yang sibuk berbelanja di bazaar UMKM dan 2 booth Bolu Kukus Siliwangi. Ada penawaran menarik selama acara Siliwangi Sehat, potongan 6000 dan 3000 rupiah. Siliwangi bolu kukus menyediakan dua booth di area finish supaya masyarakay bisa membeli produk Siliwangi Bolu Kukus sesuai selera mereka. Seru banget acara Siliwangi Sehat kali ini.

Saya sempat pula berbincang santai dengan salah satu tim Siliwangi Bolu Kukus dan memperoleh cerita yang membuat saya kagum dengan Kang Faisal, founder Siliwangi Bolu Kukus. Menurut informasi yang saya dapatkan untuk menjadi karyawan Siliwangi, tidak ada syarat pendidikan/ijazah namun setelah menjadi karyawan, wajib menyelesaikan Paket Belajar A, B, C bahkan sampai kuliah.

Saya jadi ingat dengan falsafah Siliwangi Bolu Kukus: Silih Asah Asih Asuh yang fokus dengan 4 bidang yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi dan budaya. Saya juga baru tau kalau ternyata sudah dua tahun ini, karyawan Siliwangi Bolu Kukus sudah melakukan aktivitas jalan/lari minimal sekali seminggu untuk menjaga badan agar tetap sehat dan bugar. Apa saya melamar saja yah untuk jadi karyawan Siliwangi Bolu Kukus?! Hahaha

Selain itu, Siliwangi Bolu Kukus terus membudayakan khas daerah masing-masing misalnya cara berpakaian, tampilan rak bambu dan selalu mengundang budayawan atau seniman Jawa Barat saat mengadakan event. Seperti pada Siliwangi Sehat ini, ada pertunjukan angklung dan pagelaran singkat tari Jaipong. Siliwangi Bolu Kukus juga selalu melibatkan para pelaku UMKM untuk ikut membuka store di setiap gelaran yang diselenggarakannya. Keren banget ya?!

Tidak terasa sekitar jam 12 siang, acara Siliwangi Sehat berakhir. Door prize juga sudah diundi, sayangnya nomor kupon saya nggak keluar. Tapi nggak mengurangi keseruan dan kebahagiaan saya sebagai tim rebahan ikut meramaikan Siliwangi Sehat di Bogor. Ternyata untuk menerapkan gaya hidup sehat itu tidak susah, rutin jalan sehat sambil menikmati pemandangan sekitar juga bisa. Mudah dan murah. Hanya perlu konsisten dan disiplin saja. Sebagai masyarakat awam, acara Siliwangi Sehat, memberikan dampak positif untuk membiasakan aktivitas fisik secara rutin. Tim rebahan tetap harus sehat dong.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button